Berlibur di Jawa Tengah

Seminggu kemarin kami sekeluarga mengantar adikku, Ihsan ke UNS, Solo, tempat kuliahnya.
Sambil menyelam minum air, sembari ke Solo sekalian mengunjungi kota sekitarnya.

Kami berangkat hari senin pukul 23.00 malam dan sampai di semarang pukul 10.00 pagi.
Destinasi pertama kami adalah Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang.
Cuaca hari itu sangat terik namun anginnya cukup sejuk.

Pelataran Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang
Menara Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

Setelah zhuhur kami istirahat di hotel dekat kawasan simpang lima, Semarang.
Sore harinya kami berjalan-jalan ke kawasan simpang lima dan berwisata kuliner.
Kemudian kami sholat maghrib di Masjid Raya Baiturrahman dan makan malam kemudian kembali ke hotel untuk beristirahat.

Esok paginya kami check out dan mengunjungi beberapa tempat sebelum menuju Solo.
Kami mengunjungi lawang sewu yang dalam bahasa jawa artinya seribu pintu.
Faktanya pintu yang terdapat di gedung ini hanya sekitar 900-an.
Orang jawa terbiasa menyebut sesuatu yang jumlahnya banyak sekali dengan sewu (seribu).
Kami dipandu tour guide mengeksplorasi seisi lawang sewu dan diceritakan tentang sejarahnya.
He was so humble and funny. So it was really fun!

Lawang Sewu, Semarang

Selanjutnya kami mengunjungi Klenteng tertua di Semarang yaitu Klenteng Sam Poo Kong. Klenteng Sam Poo Kong merupakan tempat pendaratan pertama laksamana Tiongkok beragama Islam yang bernama Laksamana Cheng Ho.

Klenteng Sam Poo Kong

Setelah itu kami meninggalkan Semarang menuju Solo.
Kami menginap semalam di Solo kemudian daftar ulang dan mengurusi segara keperluan adminitrasi Ihsan di UNS.
Kami melanjutkan perjalanan menuju Jogjakarta.
Sebelum sampai di Jogjakarta kami bersilaturahim ke rumah teman dekatnya Ihsan yang juga diterima di UNS, Afida.
Selanjutnya kami mengunjungi Taman Wisata Candi Prambanan.

Candi Prambanan

Kami tiba di Jogja sore harinya lalu berkeliling di sekitar alun-alun dan keraton menggunakan becak.
Kami mengunjungi Museum Angkut dan Keraton Jogja.
Setelah itu kami mencari hotel untuk beristirahat.

Malam harinya kami ke Malioboro dan makan malam setelah itu kembali ke hotel dan tidur.
Esok harinya kami menuju Pantai Parangtritis.

Pantai Parangtritis
Setelah itu kami menuju Solo dan menginap dua malam lagi.
Ahad paginya kami mengantar Ihsan ke tempat kosnya, Pesantren Mahasiswa Arroyan.

Dan berakhirlah liburan kami. Esoknya aku kembali ke Lampung dan salma kembali ke Al-Kahfi.