Kerjakan Sekarang

Imam Hassan Al Bana berkata, "kewajiban itu lebih banyak daripada waktu yang tersedia, maka bantulah saudaramu untuk menggunakan waktunya dengan sebaik-baiknya, dan jika engkau punya kepentingan atau tugas, maka selesaikan dengan segera"

ya. benar sekali. nasihat ini adalah nasihat untuk tidak menunda-nunda pekerjaan.
saya merasakan sendiri akibat dari suka menunda.

pelajaran hari ini:
apabila dihadapkan dengan banyak tugas dan pekerjaan, janganlah membuang waktu hanya untuk memikirkan tugas mana dulu yang harus diselesaikan. karena dengan hanya memikirkan hal seperti itu sambil diam saja, tidak akan ada yang selesai. 
pilihlah satu tugas, kerjakan sekarang!, maka sedikit demi sedikit, satu demi satu tugas akan terselesaikan.

hipotesis saya:
malas dan rajin itu sama-sama merambat.
layaknya kebohongan yang akan melahirkan kebohongan baru.
dan bahwa satu kepo akan melahirkan kepo yang lainnya.
malas pun akan melahirkan malas yang lainnya, merambat.
contohnya jika kita berniat menunda mengerjakan tugas dengan tidur-tiduran sebentar, maka sebagian besar orang akan lama menempel dengan kasur lalu malas bangkit dan malas beraktifitas.

kabar baiknya, rajin pun begitu!, misal, kemarin saya bingung mau melakukan apa dulu, nggak bingung juga sih lebih tepatnya mikir tapi yang berujung 'entar aja deh' antara ngerjain tugas, cuci piring, membersihkan kamar mandi, atau nyapu ngepel. memang sederhana sih. namun jika hanya dipikirkan mana yang mau dikerjakan lebih dahulu, itu sama saja dengan mengulur waktu, sudah tentu waktu akan tetap berjalan, bahkan berlari.

lakukan satu, dan dapat dipastikan, akan tertanam kata "tanggung" dalam benak kita. misal, apabila sedang menyapu dan mengepel, akan terpikirkan untuk melanjutkan hal lain, 'tanggung ah sekalian ganti seprai, tanggung ah sekalian ngelap meja, tanggung bla bla bla, sekalian aja beresin ini, sekalian aja bersih-bersih ini itu bla bla bla..'

hehe kurang lebih begitulah. pastikan anda dalam keadaan rajin dan jangan menunda mengerjakan sesuatu. maka sesuatu yang bermanfaat itu akan melahirkan hasil-hasil bermanfaat yang lainnya.
kerjakan sekarang!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istimror

Nilai Sebuah Kebersamaan

Merenungi Perjalanan