Long March-Lintas Alam-Cross Country

Kemarin Ahad, 8 Desember 2013, setelah sekian lama, akhirnya aku ikut lintas alam lagi.
ya, kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara jambore FSLDK Bandar Lampung.
Dari FK, ada Aku, Hani, Kak Karimah, dan Kak Anggia sebagai peserta.
Selepas outbond kami melakukan long march dari Wira Garden sampai ke Jl. Pahlawan Emir M. Noor, melewati rute bukit-hutan-sungai. Itu lumayan jauh lho ._. kurang lebih 16 km.
Over all, amazing. Selama perjalanan yang kebanyakan adalah pendakian, kurasakan denyut jantung dengan detak yang lebih cepat mengalirkan darah segar ke seluruh tubuh.

Dari kecil sampai besar, sepertinya sudah biasa sama yang namanya jalan jauh seperti long march, lintas alam atau lomba cross country.

Sewaktu kecil dulu, aku sering ikut ummi abi long march dengan rute tersering Bunderan HI-Monas-Masjid Istiqlal. Bersama ribuan orang lainnya. Walaupun aku suka mengeluh gerah.
Tapi menyenangkan sekali. Entah mengapa selalu berkesan. Ada diantara barisan orang-orang yang menyeru kebenaran.
Pernah juga long march sampai Kedubes Amerika atau Gelora Bung Karno dengan acara yang bermacam rupa, paling sering acara Save Palestine.

Beranjak SMP, aku menjadi anggota Pecinta Alam dengan kegiatannya yang menyenangkan, salah satunya hiking plus lintas alam, dan kebetulan, sisi belakang Al Kahfi adalah hamparan panorama alam yang sangat indah. Bukit-bukit hijau, hutan, pegunungan, hamparan sawah, serta sungai dengan air yang mengalir jernih. Pengalaman paling berkesan adalah ketika hujan deras saat kami di hutan pinus. Kami sholat ashar dalam keadaan basah kuyup.

Belum lagi agenda tahunan Al Kahfi, yakni Super Camp, acara yang diadakan selama 3 hari setiap tahunnya. Berkemah di alam bebas, api unggun, jurit malam, hiking, lintas alam, serta wisata alam. Biasanya diadakan di daerah Cidahu.
Hal yang paling repot-repot menyenangkan dalam persiapan Super Camp adalah proses pembuatan yel-yel dan pentas seni. Biasanya kami dikelompokkan sesuai dengan kelompok Halaqoh Tarbawiyah. dan tahukah? H-2 minggu sampai sebulan, biasanya kami sudah membuat yel-yel dan latihan setiap hari. setiap hari!. rasa-rasanya seperti mau mengadakan konser. ya kurang lebih begitu, anak Al Kahfi kalau membuat yel-yel memang se-album. nggak habis-habis. kreatif banget!

Selain itu aku juga tergabung dalam Passus (Pasukan Khusus) Al Kahfi.
Saat itu tahun 2007 untuk pertama kalinya aku dan teman-teman mengikuti Lomba Cross Country / Lintas Alam antar sekolah. dan tak disangka kami menyabet juara 2. dan Alhamdulillah saat itu Al Kahfi mendapat juara umum, karena tim ikhwan juga menang. ya, bahkan mereka juara 1.

setelah pulang darisana, ketagihan bro..
dan begitu ada event seperti itu lagi, aku tergabung dengan tim yang dikirimkan, Alhamdulillah beberapa kali mengikuti acara tersebut, dan Al Kahfi hampir selalu meraih juara umum.

Pengalaman yang paling berkesan adalah lomba Cross Country dalam rangka HUT POLRI.
Kami melewati rute hutan dan perkampungan dengan jalan yang berliku dan turun-naik sejauh 20 km dengan 5 pos yang berisi tantangan P3K dan kepramukaan.

Di tengah perjalanan, ada salah seorang dari tim kami yang benar-benar lelah dan terduduk nyaris pasrah, "Kalian duluan aja. ane udah bener-bener nggak kuat lagi".
"Hey, we are team", ujar kami. "Kita harus selalu bersama, pergi bareng, pulang bareng".
Saat itu kami menemaninya beristirahat sebentar, saling memberi motivasi dan kami lanjutkan kembali perjalanan.
Ketika itu pula, perbekalan minum kami sudah habis. Disamping itu, cuaca sangat terik. Akhirnya kami melawan rasa malu, mengetuk sebuah rumah sederhana untuk izin meminta minum. Alhamdulillah ibu-ibunya baik sekali. Penyelamat kami dari dehidrasi :")

Tak hanya sampai disana, di tengah perjalanan, ada seorang anggota tim kami yang berceletuk, "udahlah, kita sudah lelah, lagipula, kita nggak selalu harus menang kan?. kali ini aja.."

Ketua tim kami berkata, "yaa..kita tak selalu harus menang" itu adalah kata-kata yang selayaknya diucapkan apabila kita telah berusaha maksimal lalu hasilnya kalah. Teman-teman, selama hasil itu belum ada, tanamkanlah satu keyakinan bahwa kita akan menang, kita yang terbaik. Bismillah"
Kami pun bersemangat kembali karena kata-kata dari kakak itu, kakak satu tahun diatasku yang kukenal dengan sifat kolerisnya. Kak Tazkiyyatun Nafsiyah, beberapa bulan lalu beliau menikah. Barakallah kak. Time runs too fast.
dan tahukah? Alhamdulillah. Allah kembali mempercayakan kami untuk mengharumkan nama Al Kahfi dengan meraih juara umum dan mendapatkan piala bergilir POLRI.
Hari itu kami pulang dengan bahagia dan penuh syukur, serta pengalaman tak terlupakan tentunya.

dan kabar terakhir, Passus Al kahfi berkembang pesat. Selalu pulang dengan membawa piala. Masih terngiang mars Passus Al Kahfi :")

Semua kegiatan itu adalah bagian dari masa-masa yang tak terlupakan.
Aku tak menolak jika diajak untuk Long march, Lintas Alam, atau Cross Country lagi :D

Komentar

  1. "losca mosca (bener apa kagak nih?) , we're scouting mania. the best from ma'had kahfiii" syalalalalala

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istimror

Nilai Sebuah Kebersamaan

Merenungi Perjalanan